Apa yang Tidak Bisa Dilakukan oleh Programmer?

Posted on

Saya pernah berbincang dengan teman-teman programmer, mereka sepakat bilang “Programmer is genius people” (ngaku-ngaku sendiri -sih wkwkwk), dan me-menage orang genius itu susah minta ampun. Mereka biasanya punya jalan pikiran sendiri, mengambil tindakan menurut analisa resiko yang tentunya sudah mereka pertimbangkan sendiri.

Lalu apa sih yang

1. Menyelesaikan Algoritma paling susah?
Algoritma adalah step-step (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah yang biasanya di tulis secara berurutan, tidak hanya dipakai ketika membuat sistem yang mengandung kecerdasan buatan (Artifical Intelegent ~ AI) saja, namun pemecahan masalah kecil sebenarnya sudah termasuk algoritma.

Dalam building sistem, tak jarang Programmer menemukan kasus yang ribet ngejelibet, apalagi yang berbau sistem cerdas, so pasti ada algoritma yang harus diimplementasikan, semua tentang logika, berbau matematika dengan alur dan aturan sepanjang jalan kenangan, iya kenangan bersamanya… Hempp, baper –khan.

Namun dalam kerjanya, Programmer selalu bisa menyelesaikan intruksi yang ada pada perhitungan algoritma, sesulit apapun (walaupun mungkin butuh waktu yang agak lama) bahkan kadang ada improve sendiri dari mereka. Yah intinya mengkoding algoritma (walaupun sulit) bukan sebuah hal yang tak bisa dilakukan programmer -lah…

2. Bergadang sampai larut malam, kerja dibawah tekanan, ngerjain projek deadline?

Belum bisa disebut Programmer kalo belum pernah ngga tidur semalaman karena ngoding, yes it real Bro… Tugas kuliah, deadline kantor, teman yang minta bantuin bikin sistem dan lain-lain.

Work in injury time, project deadline dan kerja dibawah tekanan udah biasa bagi programmer, bahkan kadang masa ini masa yang, mereka selalu punya cara memanipulasi sistem agar front-end kelihatan baik-baikĀ  saja, dan ide itu biasanya muncul ketika deadline, disini saya mulai percaya ada kekuatan lain dari dalam diri kita ketika kepepet (the power of kepepet), kemudian saya membuktikannya lagi ketika dikejar mantan ^_^.

Tapi itulah programmer, maksudku bergadang bukan hal yang tak bisa dilakukan, kerja dibawah tekanan adalah hal biasa, kerja di injury time malah macu adrenalin buat ngeluarin kekuatan super sayyan yang selama ini hanya ada di film Dragon ball doank.

3. Permintaan Client yang out of the box?

Client adalah raja, raja punya sejuta keinginan yang harus dikabulkan, kadang kalo gajian pengen nyisihin uang buat beliin kacamata, supaya client bisa membedakan manusia dengan jin yang keluar dari lampu ajaib aladin.

Memang begitulah client, “saya bayar kamu supaya apa yang saya inginkan terwujud”,

4. Mood ngoding hilang

Ketika mood ngoding hilang atau programmer sudah tidak tertarik dengan satu projek yang dikerjakan maka inilah masalah yang sesungguhnya. Bagi sebagian orang, ngoding mungkin disebut “seni”. Jika feel terhadap keindahan projek itu tidak lagi ada lagi, maka hasilnya akan nol besar. Bagi saya sendiri, ngoding adalah tentang karya, dan faktor psikolog sangat berpengaruh, ketika stress, mood berubah/tidak ada maka pikiran tidak mampu mengeluarkan kreatifitas.

Pertanyaannya adalah?

Pertanyaannya adalah bagaimana agar mood ngoding tetap muncul? Lets go to this articel guys.