Apa yang Tidak Bisa Dilakukan oleh Programmer?

Posted on

Saya pernah berbincang dengan teman-teman programmer, mereka sepakat bilang “Programmer is genius people” (ngaku-ngaku sendiri -sih wkwkwk), dan me-menage orang genius itu susah minta ampun. Mereka biasanya punya jalan pikiran sendiri, mengambil tindakan menurut analisa resiko yang tentunya sudah mereka pertimbangkan sendiri.

 

1. Menyelesaikan Algoritma paling susah?
Algoritma adalah step-step (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah yang biasanya di tulis secara berurutan, tidak hanya dipakai ketika membuat sistem yang mengandung kecerdasan buatan (Artifical Intelegent ~ AI) saja, namun juga untuk masalah-masalah kecil sebenarnya sudah termasuk algoritma.

Dalam building sistem, tak jarang programmer menemukan kasus yang ribet ngejelibet, apalagi yang berbau sistem cerdas, so pasti ada algoritma yang harus digunakan. tapi ternyata

2. Bergadang sampai larut malam?

Bisa

3. Permintaan Client yang out of the box

Bisa

4.

5. Mood ngoding hilang

Ketika mood ngoding hilang atau programmer sudah tidak tertarik dengan satu projek yang dikerjakan maka inilah masalah yang sesungguhnya. Bagi sebagian orang, ngoding mungkin disebut “seni”. Jika feel terhadap keindahan projek itu tidak lagi ada lagi, maka hasilnya akan nol besar. Bagi saya sendiri, ngoding adalah tentang karya, dan faktor psikolog sangat berpengaruh, ketika stress, mood berubah/tidak ada maka pikiran tidak mampu mengeluarkan kreatifitas.

Pertanyaannya adalah?

Pertanyaannya adalah bagaimana agar mood ngoding tetap muncul? Lets go to this articel guys (“MAKAN BANGSAT”).